4 Manfaat Tomat yang Pentin untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat Tomat

Tomat adalah salah satu buah favorit di Indonesia karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan, paling sering digunakan sebagai salah satu bahan masakan. Tomat sendiri dikategorikan sebagai buat sebab ia memiliki daging dan biji yang aman jika ditelan, namun saat ini masih banyak orang yang bingung dan masih percaya bahwa tomat adalah sayuran, mungkin salah satu penyebabnya ialah tomat sering ditemukan pada masakan, sayuran dan sambal ketimbang di jadikan camilan seperti buah pada umumnya.

Terlepas dari itu semua buah tomat memiliki rasa yang cukup nikmat dan menyegarkan, karena tomat mengandung banyak sekali air. Tomat juga tergolong buah yang memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh bahkan untuk kesehatan kulit, jadi sangat cocok dikonsumsi untuk Anda yang ingin memiliki kulit cantik dan sehat.

Nah jika Anda penasaran tips kesehatan apa saja yang bisa didapat dari buah tomat, simak terus artikel ini sampai habis, kami jamin Anda akan mendapatkan manfaat positif untuk tubuh Anda.

Manfaat Buah Tomat

1. Mengurangi Kegemukan

Lemak merupakan salah satu pemicu penyakit berbahaya jika dibiarkan saja, penyakit yang mungkin dan sering muncul akibat kelebihan lemak jahat adalah darah tinggi dan kegemukan. Untuk dapat mengurangi kadar lemak jahat didalam tubuh tentu membutuhkan kerja keras yang intensif dan pola makan yang teratur.

Apabila Anda sudah mencoba berolahraga secara rutin dan tidak merasakan dampak besar dari latihan Anda, mungkin Anda bisa mencoba mengonsumsi buah tomat. Tomat memiliki kandungan tinggi protein, kalori dan karbohidrat. Ketiga kandungan ini memiliki peran penting untuk dapat menurunkan berat badan.

2. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit dengan banyak turunan dan semuanya memiliki potensi bahaya yang sangat besar, sudah banyak pengidap kanker tua ataupun mudah meninggal karena penyakit ini. Kita sebagai manusia tentu tidak ingin mengalami nasib serupa, untuk itu menjaga kesehatan melalui pola makan menjadi hal yang amat sangat penting.

Dan tomat memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal bibit penyakit kanker, seperti kanker usus besar, paru-par dan kanker payudara. Hal ini didukung dengan hasil penelitian yang dimuad dalam Journal of the National Cancer Institute yang mengatakan bahwa mengonsumsi tomat dalam jumlah yang tepat dan cukup dapat menurunkan risiko kanker payudara, pankreas, usus besar dan leher rahim.

3. Penangkal Radikal Bebas

Berkat kandungan flavonoid dan zea-xanthin yang merupakan kandungan antioksidan paling banyak dalam buah tomat, parah ahli medis dan spesialis kesehatan juga percaya bahwa tomat mampu menangkal radikal bebas.

4. Mengecilkan Pori-Pori

Anda sedang mencari cara mengecilkan pori-pori pada wajah? Nah tomat ini bisa menjadi jawabannya, Anda hanya perlu menyiapkan tomat segar yang sudah dicuci bersih untuk di blender. Anda bisa menambahkan sedikit air bila perlu, bila sudah oleskan sebagai masker ke permukaan wajah yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Sambil mengoleskan Anda bisa menambahkan sedikit pijatan lembut pada kulit wajah, jika sudah diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian cuci wajah hingga bersih.

Masih mencari cara lain yang lebih mudah untuk mengecilkan pori-pori pada wajah? Anda bisa mengunjungi situs desakabut untuk lebih detil mengenai cara lainnya.

 

Nah itu dia beberapa manfaat tomat untuk kesehatan serta kecantikan, meskipun tomat hanya buah kecil namun ternyata ia memiliki banyak manfaat yang sangat penting untuk tubuh kita. Mengonsumsi tomat dengan jumlah yang dianjurkan tentu akan membuat tubuh kita lebih sehat dan terlindungi dari berbagai jenis penyakit, tidak ada salahnya mulai sekarang mulai mengonsumsi buah tomat secara rutin.

Leave a Comment